Rabu, 23 Maret 2011

LAYOUT PCB AT89S51/52/53/8252 RS 232 /12CPORT

Layout PCB yang saya suguhkan kali ini adalah layout PCB Minimum System AT89S51/52/53/8252 yang dilengkapi dengan rangkaian antarmuka RS232 dan I2C. Sangat praktis dan tentunya dengan desain yang rapi dengan selalu mengandalkan single-layer saja. Hal ini sengaja untuk memudahkan siapa saja yang ingin membuat PCB ini.
Rangkaian antarmuka RS232 menggunakan IC Maxim MAX232, sementara I2C port hanyalah dua buah jalur I/O dengan resistor pull-up 4K7 ohm yang mewakili jalur SDA dan SCL.
Minimum System ini sangat fleksibel untuk berbagai aplikasi karena semua port I/O memiliki header-header yang siap dikoneksikan dengan rangkaian-rangkaian masukan ataupun keluaran. Pin TxD dan RxD pun dilengkapi dengan jumper sehingga dapat tersambung atau terputus dengan rangkaian MAX232. I2C Port sebanyak 4 buah siap digunakan untuk melakukan komunikasi dengan piranti I2C lain semacam EEPROM Serial, RTC Serial, ADC Serial, atau I/O Expander.
Minimum system ini juga dilengkapi dengan 4 buah power port 5V yang memudahkan pencatuan rangkaian-rangkaian lainnya.
Di bawah ini adalah tampilan layout PCB-nya berikut dengan foto minimum system dalam bentuk rangkaian yang sesungguhnya. Maaf, jepretannya agak jelek… :D


Nah, jika Anda berminat, saya akan mengirimkan layout PCB di atas dalam format PDF siap cetak langsung ke alamat email Anda. All you have to do is ask:D
Nah, jangan sungkan-sungkan, silakan tinggalkan komentar di bawah tulisan ini.
Selamat belajar!

1 komentar:

  1. hallo pak...
    kebetulan ni pak...
    browsing2 at89c51 dpt ini...
    kebetulan lg ada tugas ni jg pak...
    boleh donk pak, kirimin filenya.. saya coba bikin nanti...
    mw bwt PID2 gt pak... (mohon saran)
    ni emailnya :

    " matius.141088@gmail.com "

    makasih ya sebelumnya.. Mohon dibalas..

    BalasHapus